Halo semua, lama nih ga posting. Kali ini aku mau posting tugasku di kuliah akuntansi, yaitu tentang rancangan SOP buat persiapan PKL. kebetulan tempat yang jadi PKL sendiri adalah di Usaha Ortu sendiri. hehe, Jadi ga masalah kalo di share, sekalian Promosi.
RANCANGAN SOP SDM
Bengkel Hartono Motor
Oleh
A. Pradana P. (1220608)
Akuntansi’2012
1.
Latar Belakang
Berkembangnya dunia kerja membuat
sebagian orang mau tidak mau harus berlomba-lomba dalam mencari kerja atau
bahkan membuat lapangan pekerjaan sendiri. Banyaknya tingkat pengangguran dan
jumlah antara pencari kerja dan lowongan kerja yang tidak seimbang membuat
negara ini harus menciptakan ide-ide kreatif untuk menanggulanginya. Sebagai
contoh perusahaan di bidang jasa yang
sebenarnya adalah bagian dari pembuka lowongan kerja turut andil dalam
menciptakan ide-ide kreatifnya mengikuti perkembangan zaman yang serba modern
ini. peluang-peluang ini dimanfaatkan oleh para pembuat jasa, seperti jasa
Service sepeda motor. Dengan melihat membludaknya permintaan konsumen untuk
memakai sepeda motor sebagai alasan mampu menyelesaikan masalah kemacetan
terutama di kota-kota besar. Di situlah untung dapat diraih pengusaha mulai
dari dealer motor, Tukang Service, BBM, dan masih banyak lagi.
Konsumen tahu bahwa menggunakan
kendaraan bermotor terutama sepeda motor sangat efisien untuk bekerja,
bersekolah, dan lainnya dengan alasan bebas dari kemacetan. Tetapi tentu sebuah
barang tidak akan awet begitu saja setelah dipakai lama. Layaknya manusia,
pasti pernah mengalami sakit. Namun berkat kecanggihan teknologi sepeda motor
itulah muncul jasa reparasi atau Service di mana-mana. Sekarang banyak pedoman perawatan dari pabrik
yang mengeluarkan sepeda motor itu sendiri agar konsumen selalu bisa tersenyum
setiap berkendara.
Banyaknya dealer membuat penjualan
sepeda motor menjadi melejit. Apalagi dengan banyaknya keuntungan dan sistem
kredit yang memudahkan konsumen untuk membeli motor. Tetapi dari itu semua tidak
mungkin semua dealer menyediakan reparasi di setiap tokonya, karena selalu
tidak seimbang antara jumlah pengeluaran sepeda motor dengan persentase jasa
Service yang ada. Jadi peluang untuk jasa Service sangatlah terbuka lebar,
mengikuti perkembangan yang ada. Oleh karena itu saya berkeinginan untuk
melakukan penelitian di area jasa Service terutama bengkel sepeda motor ini.
Saya mengambil bengkel yang bernama
Hartono Motor. Karena bengkel ini sudah berdiri sejak tahun 1996 dan sudah
mengalami perkembangan yang begitu pesat mengikuti permintaan pasar. Dari tahun
ke tahun bengkel ini selalu punya karyawan, terkadang juga menerima siswa
magang untuk membantu jasa servicenya. SDM di bengkel ini sangatlah menjunjung
tinggi kualitas, bukan kuantitas. Tetapi untuk semua itu tidak semua orang bisa
bergabung begitu saja. Oleh karena itu saya akan membuatkan rancangan SOP untuk
bengkel ini.
Berikut
Ini SOP yang akan di butuhkan di Bengkel Hartono Motor :
a.
SOP Pelatihan Sumber Daya Manusia
b.
SOP Training Karyawan Baru
c.
SOP Perekrutan Karyawan
d.
SOP Gaji Karyawan
e.
SOP Pembuatan Tata Tertib Karyawan
f.
SOP Tata Tertib Karyawan
g.
SOP Penilaian Kerja
h.
SOP Izin Karyawan
i.
SOP Pengembangan Sumber Daya
Manusia
j.
SOP Kinerja Karyawan
k.
SOP Upah Karyawan
l.
SOP Keselamatan Karyawan
m.
SOP Pelayanan
n.
SOP Penunjang Sumber Daya Karyawan
o.
SOP Peningkatan Mutu Karyawan
p.
SOP Keselamatan Konsumen
q.
SOP Pelayanan Konsumen
r.
SOP Tata Tertib Konsumen
s.
SOP Perencanaan Sumber Daya
Manusia
Struktur Organisasi
Bengkel “Hartono Motor”
Job Description
Jabatan
: Manajer
- Mengatur, dan mengawasi kegiatan bawahannya.
- Bertanggung jawab atas kegiatan
bawahannya
- Mengadakan pencatatan mengenai besarnya biaya
yang dikeluarkan oleh masing-masing mesin/peralatan pabrik.
- Menjaga disiplin kerjadan menilai prestasi kerja bawahannya
secara berkala.
Jabatan
: Bagian Keuangan dan Pemasaran
- Membantu dan mendampingi manajer dalam menjalankan organisasi.
- Bertanggung jawab atas
manajemen atau pengelolaan keuangan dan pemasaran organisasi..
- Melengkapi perangkat kesekretariatan.
- Bersama ketua
menandatangani surat-surat organisasi.
- Bertanggung jawab kepada
manajer
Jabatan
: Teknisi
- Meningkatkan dan mengembangkan
kemampuan peserta magang.
- Menjaga disiplin kerja dan menilai prestasi kerja bawahannya
secara berkala.
- Bertanggungjawab kepada Manajer
Jabatan
: MAGANG
- Mengikuti semua tata tertib yang di
berikan kepada magang
- Mengikuti Training
- Bertanggung jawab kepada teknisi
|
SOP Pembuatan Tata Tertib Karyawan
|
NO : 01
|
DI SAHKAN
OLEH
|
TGL : 20 Oktober 2013
|
DIREKTUR
|
MANAGER
|
REVISI KE
: 0
|
TTD
|
TTD
|
HALAMAN : 01/01
|
ASPEK
|
GARIS BESAR SOP
|
PENGERTIAN
|
SOP Pembuatan Tata Tertib karyawan adalah Standar
Mutu Minimal untuk membuat suatu tata tertib yang akan di jadikan pedoman
karyawan
|
TUJUAN
|
1.
Mengurangi terjadinya kesalahan
2.
Memudahkan pelaksanaan tata
tertib
|
PETUGAS
|
Manajer
|
JAM
|
Relatif
|
TEMPAT
|
Bengkel
|
PROSEDUR
|
1.
Menyiapkan hal yang akan di
masukkan dalam tata tertib
2.
Mengetik list tersebut ke dalam
PC
3.
Mencetak list tersebut ke dalam
kertas
4.
Memvalidasi Tata tertib
tersebut.
|
ALAT KERJA
|
1.
PC
2.
ATK
3.
Mesin Cetak
|
|
|
|
|
|
|
SOP Pelaksanaan Tata Tertib Karyawan
|
NO : 02
|
DI SAHKAN
OLEH
|
TGL : 20 Oktober 2013
|
DIREKTUR
|
MANAGER
|
REVISI KE
: 0
|
TTD
|
TTD
|
HALAMAN : 01/01
|
ASPEK
|
GARIS BESAR SOP
|
PENGERTIAN
|
SOP pelaksanaan
tata tertib karyawan adalah standar mutu minimal untuk melaksanakan tata
tertib sesuai dengan yang tercantum dalam tata tertib
|
TUJUAN
|
1.
Mengurangi terjadinya kesalaha
2.
Memperlancar kegiatan organisasi
|
PETUGAS/STAF
|
Teknisi,
Manajer, Bag. Keuangan dan pemasaran
|
JAM
|
08.00-16.00
|
TEMPAT
|
Bengkel
|
PROSEDUR
|
1.
Menempelkan Tata Tertib pada
dinding
2.
Membaca dan memahami isi tata
tertib
3.
Mengikuti setiap tata aturan
yang ada pada tata tertib
|
ALAT KERJA
|
1.
Tata Tertib
|
|
|
|
|
|
|
SOP Perekrutan Karyawan
|
NO : 03
|
DI SAHKAN
OLEH
|
TGL : 20 Oktober 2013
|
DIREKTUR
|
MANAGER
|
REVISI KE
: 0
|
TTD
|
TTD
|
HALAMAN : 01/01
|
ASPEK
|
GARIS BESAR SOP
|
PENGERTIAN
|
SOP Perekrutan Karyawan adalah
|
TUJUAN
|
1.
Memberikan kemudahan dalam
merekrut karyawan
|
PETUGAS/STAF
|
Manajer
|
JAM
|
Relatif
|
TEMPAT
|
Bengkel
|
PROSEDUR
|
1.
Menyiapkan hal yang akan di
bicarakan
2.
Mewawancarai calon karyawan
3.
Merekam setiap pembicaraan
4.
Memasukkan hasil pembicaraan ke
dalam alat rekam
5.
Memberikan surat tunggu untuk
diterima atau tidaknya calon karyawan
|
ALAT KERJA
|
1.
ATK
2.
Alat Rekam
|
|
|
|
|
|
Baca Dong --►